ROW TIDAK BISA DI INSERT LAGI
Sumber : Pengalaman pribadi
¬¬¬
Banyak orang menggunakan Microsoft Excel. Banyak kendala beserta solusi
yang ditemukan, termasuk pengalaman pribadi saya. Mungkin nanti kalau Tips
seputar Ms Excel ini sudah banyak, bisa dibuatkan E-Book tersendiri. Sementara
numpang di sini saja.
Ketika saya menggunakan Ms Excel yang diedit banyak orang, saya tidak bisa
melakukan insert row baru. Mungkin kalau saya sendiri yang mengupdate file
tersebut akan mudah mendeteksi masalah.
Saat itu muncul pesan ini :
To prevent possible loss of data, Ms-excel canot shift nonblank cels of the worksheet.
Try to delete or clear the cells to the right and below your data. Then select cell A1, and
save your workbook to reset the last cell used.
Or, you can move the data to a new location and try again.
Apa penyebabnya ?
Penyebabnya adalah ada data di row paling bawah dari worksheet Anda. Dalam
contoh di sini ada karakter “A” di row 65536. Ms Excel tidak mau melakukan
insert row baru untuk mencegah data di row paling bawah tadi hilang.
Bagaimana solusinya ?
Anda harus menghapus atau memindahkan data di row paling bawah ini ke row
lain. Jadi pastikan masih ada row yang kosong untuk bisa melakukan insert
row.
------------------------------------------------------------------------------------
MENYEMBUNYIKAN / MEMUNCULKAN WORKSHEET
Sumber : www.belajardelphi.com
Defaultnya Ms Excel, akan ada 3 Worksheet.
Untuk menyembunyikan Worksheet tertentu, pergi ke Worksheet yang akan
disembunyikan (Dalam contoh di sini Worksheet 2 yang akan kita sembunyikan)
lalu klik Format--Sheet--Hide.
Maka Worksheet yang dimaksud akan hilang. (Dalam contoh ini Worksheet 2
hilang).
Untuk memunculkan kembali tinggal dibalik saja, klik Format—Sheet—Unhide
Lalu pilih Worksheet yang akan dimunculkan (Dalam contoh ini adalah
Worksheet 2). Jika sebelumnya ada lebih dari 1 Worksheet yang Anda
sembunyikan, maka di List akan muncul semuanya. Anda tinggal memilihnya.
Setelah Anda munculkan kembali, maka Worksheet 2 akan muncul lagi.
-------------------------------------------------------------------------------------
MENGUBAH DATA VERTIKAL KE HORIZONTAL DAN SEBALIKNYA
Sumber : Pengalaman Pribadi
Kadang kita harus mengubah data dari Vertikal ke Horizontal, atau sebaliknya.
1. Apel
2. Jeruk
3. Duku
4. dll
Diubah ke >> 1 2 3 4
Apel jeruk duku dll
- Untuk melakukannya, sorot semua data, klik kanan lalu pilih menu Copy.
- Letakkan Cursor pada awal Cell data baru. Klik kanan lalu pilih Paste Special.
- Lakukan setting pada paste special Values-none-transpose lalu tekan Ok.
-------------------------------------------------------------------------------------
MENGHILANGKAN SPASI
Sumber : Pengalaman Pribadi
Data hasil export dari database lain kadang memunculkan bekas spasi yang
tidak beraturan atau irregular spacing .
Excel menyediakan tool untuk menghilangkan spasi ini. Rumusnya : Trim(Text).
-------------------------------------------------------------------------------------
MENGUNCI CELL AGAR TIDAK DIUBAH RUMUSNYA
Sumber : Pengalaman Pribadi
Excel menyediakan tool untuk melindungi rumus atau formula agar tidak
terhapus oleh User atau orang yang mengisi data. Bahkan Excel juga mampu
menyembunyikan rumus dari orang lain.
Untuk mengaktifkan proteksi, sorot Cell yang akan diaktifkan proteksinya, klik
kanan lalu pilih Format Cell…
Muncul kotak dialog Format Cell. Pilih tab Protection lalu centang :
- Locked : Untuk mengunci rumus agar tidak dapat diubah orang lain
- Hidden : Untuk menyembunyikan rumus
- Tekan Ok.
- Pergi ke Menu Pull Down, klik Tools/Protection/Protect Sheet
- Masukkan password dan centang semua pada protect sheet.
- Ulangi memasukkan password untuk konfirmasi, lalu tekan Ok.
Klik pada cell yang diprotect maka Cell yang diprotek tadi akan terlindungi rumusnya, bahkan dilihat pun
tidak bisa.
Comments