INSTALASI KOMPUTER

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER
1.      Deskripsi Instalasi Komputer

2.      Ruang Lingkup Pengelolaan ( Batasnya )


3.      Pengelolaan Lingkungan ( Jaringan, Standalog )

4.      Pengelolaan Perangkat Keras
Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.
Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.    Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2.    perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3.    Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.


5.      Pengelolaan Perangkat Lunak
adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) . untuk lebih jelasnya silahkan baca definisi lebih detail mengenai beberapa jenis software tersebut.
software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

6.      Pengelolaan Perangkat File


7.      Pengelolaan Deacup / Retor




8.      Pengelolaan Sistem Jaringan
 adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Klasifikasi Berdasarkan skala :
  • Personal Area Network (PAN)
  • Campus Area Network (CAN)
  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
  • Global Area Network (GAN)
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

  • Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
  • Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:


9.      Pengelolaan Keamanan Sistem
adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu dengan urutan-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan Apa (What) yang harus dikerjakan, Siapa (Who) yang mengerjakannya, Kapan (When) dikerjakan dan Bagaimana (How) mengerjakannya


10.  User Atau Password
a.       User
Adalah Identitas anda ketika sedang online, istilah ini kadangkala disebut juga dengan nickname, atau id.
b.      password
Adalah suatu bentuk dari data otentikasi rahasia yang digunakan untuk mengontrol akses ke dalam suatu sumber informasi. Password akandirahasiakan dari mereka yang tidak diijinkan untuk mengakses, dan mereka yang ingin mengetahui akses tersebut akan diuji apakah layak atautidak untuk memperolehnya
Walaupun demikian, password bukan berarti suatu bentuk kata-kata; tentu saja password yang bukan suatu kata yang mempunyai arti akan lebih sulit untuk ditebak. Sebagai tambahan, password sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang lebih tepat disebut pass phrase. Password kadang-kadang digunakan juga dalam suatu bentuk yang hanya berisi angka (numeric); salah satu contohnya adalah Personal Identification Number (PIN). Password umumnya cukup pendek sehingga mudah untuk diingat

11.  Organisasi Pengelolaan Instalasi Komputer
Konsep awal terciptanya komputer adalah sebagai alat hitung. Istilah komputer diambil dari bahasa latin computare yang artinya menghitung, jika dalam bahasa inggris to compute, yang artinya juga sama yaitu menghitung. Secara umum komputer dapat diartikan sebagai alat elektronika yang bekerja secara koordinasi  dan integrasi berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data yang diproses didalam suatu sistem dan dikeluarkan dalam bentuk informasi. Untuk lebih memahami konsep komputer anda bisa perhatikan struktur organisasi komputer disamping dan berikut penjelasannya :
1. Input Device (Alat Masukan)  Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
 2. Output Device (Alat Keluaran)  Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.  3. I/O Ports  Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)  CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori  Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 
6. Data Bus  Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel. 
7. Address Bus  Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.  8. Control Bus Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

12.  Etika Dalam Pengelolaan Sistem
Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia
Karakteristik etika yang lebih spesifik dalam dunia komputer diperkenalkan oleh. seorang profesor dari Darmouth pada tahun 1985. James H. Moor mendefinisikan etika. Pengelolaan system komputer sebagai analisis mengenai tata cara mengoperasikan sebuah computer dengan baik dan benar ...


Pc Mulitimedia
Komputer Multimedia atau yang biasa disebut dengan MPC (Multimedia Personal Computer) merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia. Sesuai dengan namanya, multimedia, sistem komputer tersebut harus mampu mengontrol pemakaian dari beberapa media sehingga memenuhi kriteria penyajian tampilan gambar dan suara yang memadai.
Standar MPC pertama meliputi peralatan CD-ROM dengan kemampuan audio, digital audio, midi synthesizer, dan VGA (Virtual Graphics Array). Adapun konsorsium pembentuk standar MPC tersebut ialah Microsoft Corp, Philips, Tandy, dan Zenith. Pada Personal Computer, standar tersebut berupa IBM PS2 dengan Microsoft Windows 3.1. Pada Apple Computer, standar tersebut berupa MacIntosh dengan Quick Time.
Dengan adanya teknologi komputer multimedia, akses suatu referensi melalui CD-ROM menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu contohnya, ialah ensiklopedia yang disimpan pada media CD-ROM dari Grolier Encyclopedia yang diperkenalkan pada tahun 1993. Microsoft Corp juga mengeluarkan ensiklopedi dan referensi informasi yang bernama Microsoft Encarta dan Microsoft Bookshelf pada tahun 1996.
Salah satu contoh sistem komputer multimedia pertama, yaitu Tandy 4033LX. Pada sistem komputer berprosesor 80386 – 33MHz tersebut terdapat Tandy CD ROM, Creative Labs SoundBlaster Pro, 4MB RAM (Random Access Memory), Fixed disk berkapasitas 100 MB, dengan Paradise VGA dengan memori 512 KB. Standar MPC pertama diperbaharui dengan standar MPC 2 yang dibentuk oleh konsorsium dari perusahaan indutri komputer. Adapun standar MPC 2 berupa sistem komputer dengan prosesor 80484SX-25, 8 MB RAM, VGA (card dan monitor), CD-ROM berkecepatan 2x (2 x 150 KB/s).
-          Intel Pentium Dual-Core Processor E2180 (1Mb L2 Cache 2.0GHz 800MHZ FSB) | Intel 945GC Chipset | Monitor CRT Flat 17" | DDR2 RAM 1Gb | HDD 80Gb SATA | DVD Combo | 42 in 1 Card Reader | 56Kbps internal Fax/Modem | Multimedia Keyboard & Optical Mouse | Speaker 240Watt PMPO | 2 years warranty for all components
Harga: Rp3.599.000
-          L4000EC
Intel Core 2 Duo Processor E4500 (2Mb L2 Cache 2.20Ghz 800 Mhz FSB) | Monitor TFT LCD 17" | DDR2 RAM 1Gb | HDD 160Gb SATA | DVD RW (Double Layer) | 32-in-1 Card Reader | Multimedia Keyboard & Optical Mouse | 56Kbps Internal Fax/Modem | Speaker Subwoofer 3000Watts PMPO | Case 300Watts | 2 Years warranty for all components
Harga: Rp5.899.000
-          Intel Core 2 Duo Processor E6300 (2MB L2 Cache, 1.86 Ghz, 1066Mhz FSB) | Monitor TFT LCD 19" Wide Screen | Intel G31 Express Chipset | DDR2 RAM 1Gb | HDD 160Gb SATA | DVD-RW | 32 in 1 Card Reader | 56Kbps Internal Fax/Modem | Multimedia Keyboard & Optical Mouse | Speaker + SubWoofer 3000Watts PMPO | nVidia GeForce 256Mb / Gb LAN | Tiny Tower Case 300Watts | Windows Vista Home Premium | 2 Years Warranty for all components
Price: US$908

Merk Software
software atau perangkat lunak komputer adalah suatu program yang membuat komputer mengerjakan tugas tertentu. Software terdiri dari urutan perintah untuk mengubah status hardware. Perintah-perintah tersebut menjadi penghubung antara data dan perangkat keras.
Software dibangun melalui pemrograman, yaitu proses menyusun sekumpulan perintah untuk komputer mengerjakan sesuatu. Kumpulan perintah-perintah tersebut disebut bahasa pemrograman. Perintah yang dapat diterima komputer berupa nilai biner 0 atau 1 saja. Perintah ini tidak mudah untuk disusun oleh orang, karena itu dibuatlah bahasa-bahasa pemrograman yang lebih mudah dimengerti oleh orang.


Berikut Daftar Harga Software Original (Resmi)
VISTA STARTER EDITION Rp435.800
VISTA HOME BASIC Rp856.220
VISTA HOME PREMIUM Rp1.064.120
VISTA BUSINESS Rp1.318.220
VISTA ULTIMATE Rp1.770.980
WINDOWS 7 STARTER (TDK BISA CORE 2 DUO) Rp528.200
WINDOWS 7 HOME BASIC Rp865.460
WINDOWS 7 HOME PREMIUM Rp1.073.360
WINDOWS 7 PROFESSIONAL Rp1.433.720
WINDOWS 7 ULTIMATE Rp1.831.040
WORKS 9.0 (WORD, EXCEL & POWER POINT VIEWER) Rp163.220
OFFICE BASIC EDITION 2007 WIN32 ENGLISH Rp1.526.120
OFFICE PROFESSIONAL 2007 WIN32 ENGLISH Rp2.778.140
SERVER STANDARD 2008 - 5 CLIENT Rp6.441.800
KASPERSKY ANTI VIRUS 2010 (1 COMPUTER) Rp205.000
KASPERSKY ANTI VIRUS 2010 ( UP TO 3 COMPUTERS) Rp313.500
KASPERSKY INTERNET SECURITY 2010 (1 COMPUTERS) Rp263.000
KASPERSKY INTERNET SECURITY 2010 ( UP TO 3 COMPUTERS) Rp410.000
NORTON ANTIVIRUS (1 USER) Rp218.660
NORTON ANTIVIRUS (3 USERS) Rp322.610

Software Microsoft Full Package (Resmi)
OFFICE HOME & STUDENT 2007 FPP U/ 3 USERS Rp687.000
OFFICE SMALL BUSINESS 2007 WIN32 ENGLISH FPP Rp2.293.040
WINDOWS VISTA HOME BASIC FPP Rp990.200
WINDOWS VISTA HOME PREMIUM FPP Rp1.119.560
WINDOWS 7 HOME BASIC FPP Rp1.036.400
WINDOWS 7 HOME PREMIUM FPP Rp1.230.440

Mencari Pengertian NTFS
NTFS atau New Technology File System1, merupakan sebuah sistem berkas yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT, yang terdiri dari Windows NT 3.x (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua service pack miliknya), Windows NT 5.x (Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003), serta Windows NT 6.x (Windows Vista, Windows 7).
Sistem berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga sistem berkas FAT. NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi, seperti halnya pengaturan akses (access control) siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas atau direktori, penetapan kuota berapa banyak setiap pengguna dapat menggunakan kapasitas hard disk, fitur enkripsi, serta toleransi terhadap kesalahan (fault tolerance). Fitur-fitur standar sebuah sistem berkas, seperti halnya directory hashing, directory caching, penggunaan atribut direktori, dan atribut berkas tentu saja telah dimiliki oleh NTFS. Bahkan, Microsoft telah menambahkan kemampuan yang hebat ke dalam NTFS agar memiliki kinerja yang tinggi, lebih tinggi daripada sistem berkas yang sebelumnya semacam HPFS atau FAT, khususnya pada ukuran volume yang besar, tetapi juga tetap mempertahankan kemudahan pengoperasiannya. Salah satu keunggulan NTFS dibandingkan dengan sistem berkas lainnya adalah bahwa NTFS bersifat extensible (dapat diperluas) dengan menambahkan sebuah fungsi yang baru di dalam sistem operasi, tanpa harus merombak desain secara keseluruhan (perombakan mungkin dilakukan, tapi tidak secara signifikan).

Fat 32
Sistem berkas FAT atau FAT File System adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital atau pemutar media portabel.
FAT pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates dan Marc McDonald, pada tahun 1976-1977. Sistem berkas ini merupakan sistem berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu, termasuk di antaranya adalah Digital Research Disk Operating System (DR-DOS), OpenDOS, FreeDOS, MS-DOS, IBM OS/2 (versi 1.1, sebelum berpindah ke sistem HPFS), dan Microsoft Windows (hingga Windows Me). Untuk disket floppy, FAT telah distandardisasikan sebagai ECMA-107 dan ISO/IEC 9293. Standar-standar tersebut hanya mencakup FAT12 dan FAT16 tanpa dukungan nama berkas panjang, karena memang beberapa bagian dalam standar nama file panjang di dalam sistem berkas FAT telah dipatenkan.

a.      Kelebihan
-          Menggunakan 32 bits untuk merepresentasikan cluster
-          FAT32 menyediakan ukuran drive lebih besar.Ukuran yang disediakan sampai dengan 2 terabytes (Tb) , bandingkan dengan FAT 16 yang hanya 2GB.
-          Microsoft Windows 2000 hanya menyediakan ukuran partisi sampai 32Gb
-          FAT32 menggunakan tempat lebih efisien. FAT32 menggunakan ukuran cluster yang lebih kecil ( 4KB cluster untuk ukuran drive 8 GB), lebih efisien 10 s/d 15 persen dibandingkan FAT atau FAT16. Ukuran minimum untuk partisi FAT32 sekitar 260 MB.
-          FAT32 lebih kuat. FAT32 dapat menampung folder utama dan dapat menggunakan backup copy dari tabel alokasi file daripada default copy. Oleh karena itu FAT32 lebih tidak rentan dari kegagalan dibandingkan FAT16.
-           FAT32 lebih fleksibel. Folder utama pada FAT32 adalah rantai grup biasa, jadi dapat ditempatkan di mana pun pada drive dan tidak ada lagi batasan jumlah masukan untuk folder.Ukuran partisi FAT32 dapat diubah-ubah, tapi tidak dapat diimplementasikan pada initial release.
-          Dapat mencari direktori asas (root directory) dan menggunakannya sebagai salinan backup FAT dan ini akan mengelakan komputer dari bertemunya/ tabrakan antar program (crash).
-          Apabila suatu file disimpan atau suatu program diinstall komputer akan menyimpan semua data mengenai aktivitas tersebut di satu kawasan kecil dalam Harddisk yang dinamakan cluster.
-          Semakin kecil ukuran cluster, semakin baik data itu disimpan dan diurus. Ukuran cluster ditentukan oleh partisi dan partisi ditentukan oleh sistem file yang ditetapkan semasa Harddisk diformat.
-          Hanya memakan cache memory sekitar 1%

b.      Kekurangan
-          Microsoft akan mendukung fungsional dari file system FAT32 dalam membaca error-error secara bebas dan menyimpan file-file baik dalam bentuk nyata (real mode) maupun bentuk terlindungi (protect mode). Microsoft mendukung fasilitas real dan protected mode termasuk pada Windows 95.
-          Untuk program-program legacy yang tidak akan diinstall pada FAT32 atau tidak akan menyimpan file-file atau membaca mereka, kita harus menghubungi pabrik dari software tersebut.
-          Walaupun file system FAT32 mendukung ukuran hard disk sampai 2 terabytes (TB), beberapa hard disk kemungkinan tidak dapat mengisi partisi yang dapat dinyalakan lebih besar dari 7,8 gigabytes(GB) karena keterbatasan dari sistem I/O dasar (BIOS) INT13 interface
-          bila komputer hang dan melakukan reset, maka komputer otomatis akan melakukan scandisk

-          buruk pada grafis, terlihat bila kita menggambar garis, yang terlihat lurus, begitu melakukan printing yang didapat ialah garis yang sedikit miring.

Comments